Jumat, 01 Oktober 2010

Beneran Coffee

adalah nama sebuah coffee house yang terletak di dalam area perkebunan kopi milik PTPN, yang terletak di jalur utama Semarang-Surakarta di ruas antara Bawen-Tuntang, yang juga merupakan area berpegunungan. Bagi anda para pecinta kopi, mungkin sudah terbiasa dengan coffee house yang memiliki brand global seperti Starbucks, atau kompetitornya seperti Oh La La dan Dome. Coffee house seperti ini menawarkan tempat menikmati kopi dengan suasana dan menu bergaya barat, dan umumnya terletak di pusat keramaian di tengah kota. Banaran Coffee menawarkan konsep yang berbeda,yaitu tempat menikmati kopi di tempat yang asri di dalam area perkebunan yang cukup luas, sehingga boleh dibilang konsepnya menggabungkan konsep wisata kuliner dengan wisata agro, dengan jargon “Menikmati kopi yang dipetik dari kebun sendiri”, maka Banaran Coffee memang menawarkan sesuatu ang berbeda dengan Coffee House yang selama ini ada.


Letak

Banaran Coffee terletak di jalur utama Semarang-Surakarta di ruas antara Bawen-Tuntang. Bila anda datang dari arah Semarang menuju Surakarta, maka Banaran terletak di sebelah kanan jalan, anda akan melihatnya setelah melewati pertigaan Bawen (pertigaan menuju arah Yogyakarta). Meskipun terletak di dalam area perkebunan kopi, bangunan coffee house cukup dekat dengan jalan raya , dengan papan nama yang cukup besar dan terlihat jelas dari jalan raya, sehingga tidak ada kesulitan yang cukup berarti untuk mencarinya. Bila anda datang dari arah Surakarta menuju Semarang, maka Banaran Coffee terletak di kiri sebelah kiri jalan sebelum pertigaan Bawen menuju arah Yogyakarta.


Banaran Coffee menyajikan menu utama berupa minuman kopi dan teh, dengan berbagai variasinya (misal : capuccino, espresso , ice black coffee, dsb), namun variasi ini penulis rasakan terlalu sedikit untuk sebuah kafe yang mengusung image hidangan kopi. Rasa kopi pun menurut penulis biasa-biasa saja, tidak terlalu istimewa. Namun, hal unik yang disediakan oleh Banaran Coffee coffee house modern seperti ini adalah makanannya. Pada umumnya coffee house modern di dominasi oleh brand-brand barat seperti Starbucks, Oh La La, Dome, dsb, yang selain kopi juga menyajikan aneka makanan bergaya barat seperti pie , muffin, dsb. Namun makanan yang dihidangkan oleh Banaran Coffee kebanyakan adalah makanan-makanan (baik ringan maupun “berat”) yang bergaya tradisional, seperti : pisang goreng, tempe mendoan, nasi pecel, dsb.

Secara tradisional, pasangan minum kopi di Indonesia memang goreng-gorengan tradisional seperti pisang goreng,tempe mendoan, dsb., dan Banaran Coffee menyajikannya dengan kualitas yang patut diacungi jempol. Pisang goreng dan variasinya (pisang goreng madu) benar-benar membuat lidah bergoyang. Disajikan hangat, empuk dan manis, sangat cocok untuk dinikmati bersama kopi di udara sejuk pegunungan. Tempe mendoan juga mendapatkan penilaian yang bagus dari penulis, disajikan hangat lengkap dengan cabe rawit pedas. Harga yang ditawarkan juga cukup menarik (relatif terhadap coffee house di Jakarta, selisihnya cukup jauh).

Bagi yang suka menikmati kopi & snack disertai alunan life music, pengunjung bisa memilih area di dalam bangunan utama coffee house, sedangkan bagi yang lebih suka suasana yang natural, asri dan tenang dengan panorama perkebunan, tersedia pula tempat di luar bangunan utama, yaitu tenda-tenda yang didirikan rapi di area perkebunan tidak jauh dari bangunan utama.

Terdapat pula bangunan-bangunan gardu permanen di puncak bukit dengan panorama yang lebih menawan dengan letak yang lebih jauh dari bangunan utama, yang dapat dimanfaatkan untuk menikmati kopi, namun berlaku charge tambahan untuk menggunakannya.


Bagi anda yang datang bersama keluarga dan anak-anak, tersedia arena bermain anak-anak yang cukup luas lengkap dengan permainannya.
Tersedia pula fasilitas agro-wisata berupa kereta kelinci yang akan mengelilingi area perkebunan. Di dalam kompleks juga tersedia mushola yang sangat representatif dan toilet-toilet yang sangat bersih. Bagi anda yang dalam perjalanan jauh melewatinya, Banaran Coffee menjadi tempat yang sangat menarik untuk melepas lelah dan menikmati kopi untuk mengusir kantuk :).

Kesimpulannya, Menu utama berupa kopi yang dijadikan brand Banaran Coffee memang tidak menawarkan citarasa yang istimewa (meskipun tidak berkualitas rendah juga) namun hal ini bisa diimbangi dengan kualitas makanan tradisional yang berkualitas prima dan harga yang menarik, relatif terhadap Coffee House di Jakarta.
Ditambah dengan suasana “back-to-nature”, asri, tenang dan tambahan fasilitas rekreasi, dimana semua ini umumnya tidak akan bisa anda dapatkan di Coffee House ber-merk global, maka secara overall, Banaran Coffee menjadi tempat menarik untuk dikunjungi bagi para pecinta minuman kopi.




Sumber     : makanenak
Lihat juga :
the cafe
coffee bean

Tidak ada komentar:

Posting Komentar