Minggu, 05 September 2010

Rahasia Kelezatan Soto dan Sop

Pada dasarnya rahasia kelezatan sop dan terutama soto terletak pada kaldunya. Penjual soto cenderung tidak ragu menggunakan daging yang berlemak, menambahkan tulang-tulang dan tetelan, lalu merebus kaldu hingga berjam-jam. Hasilnya tentu luar biasa. Tetapi untuk konsumsi rumah tangga, haruskah kita melakukannya?
Jawabannya sederhana: semua berpulang pada keputusan anda sendiri. Bila anda hendak  menyiapkan sop atau soto untuk pesta keluarga, tentu anda menginginkan hasil yang paling sempurna. Tapi untuk konsumsi keluarga, beberapa trik berikut ini pasti bermanfaat, apalagi resep ini gratis..!

Kaldu Bubuk
Bila terpaksa, apa boleh buat? namun sejujurnya saja, rasa dan aroma bumbu-bumbu dalam kaldu bubuk yang kini mudah dibeli itu lebih cocok untuk makanan gaya barat.

Menyimpan Kaldu Beku
Di waktu senggang, anda dapat menyiapkan 'ekstrak' kaldu, mengemasnya dalam kantong plastik @ 1/4 ltr, serta membekukannya dalam freezer. Kaldu beku ini dapat digunakan kapan saja untuk memperkaya cita rasa sop dan soto. Walaupun nantinya juga menggunakan bahan daging (sapi, ayam, dll) sehingga terbentuk pula kaldu, tapi kuah sop / soto akan menjadi lebih mantap bila ditambah dengan ekstrak kaldu yang khusus anda persiapkan sebelumnya.
  
Memilih Ayam
Jenis ayam kampung yang tua merupakan pilihan terbaik untuk kuah sop dan soto. Dagingnya yang tentu saja keras, perlu direbus cukup lama sehingga menghasilkan zat ekstrak (sari pati) yang banyak dan gurih. Tambahan tulang-tulang, cakar, dan kepala yang dicincang kasar akan membuat kuah semakin sedap

Memilih Daging
Bagian daging sapi/kambing yang lunak dan berlemak memang sangat ideal. Misalnya sandung lamur/brisket (bagian perut), tulang iga yang masih berdaging, juga tetelan. Tapi bila menghindari
lemak, pilih bagian daging kaki/betis/shank. Meski relatif cukup keras, urat dan otot daging akan menjadi kenyal setelah direbus lama. Sedangkan daging rendang/top side, gandik, atau has dalam, kurang enak untuk sop dan soto.

Menyiapkan Jerohan
Bagi yang suka, jerohan sapi/kambing memiliki kenikmatan tersendiri. Walaupun harus diakui kandungan zat purinnya sangat tinggi, serta merupakan pemicu bagi penderita gout/asam urat. Sekarang ini beberapa jenis jerohan sapi/kambing yang sudah bersih bahkan sudah direbus matang mudah didapat dipasar swalayan. Misalnya paru, kikil, kaki, dan dengkul, babat dan usus. Namun semuanya ini perlu direbus lebih lama supaya lunak. Untuk penyedap rasa dan aroma, tambahkan daun salam dan sepotong jahe yang dimemarkan, ketika merebus. Dan buang sisa air perebus, karena kandungan lemaknya sangat tinggi

Sumber : hastaprima
Lihat juga :
Sate
Seafood

Tidak ada komentar:

Posting Komentar