Minggu, 31 Oktober 2010

Nasi Goreng (mangkuk) Nanas vs Ikan Bakar Bumbu Tauco



Bila kita menikmati satu menu yang baru, pastinyalah dikarenakan rasa penasaran yang begiu hebat memancing selera kita. Lalu setelah lidah kita mencicipi, maka tinggallah rasa yang menentukan menu baru dan unik itu mampu bertahan di hati kita atau sekadar "Engeh" ada dan kita kapok datang lagi. Hal seperti inilah yang kelanakuliner alami ketika mampir ke sebuah restoran baru di bilangan Jl. Dewi Sartika Bekasi, RM Mutiara Alam.

Resto yang sedikit agak "nyempil" dan mempunyai lebar halaman tak lebih dari 10 meter ini ternyata luasnya lebih dari 1500 meter per segi setelah kita masuk lebih ke dalam. Hmmmm... bisa buat "apa aja" neh! (sepertinya memang direncanakan sebagai satu tempat rekreasi terpusat serba ada - mirip One Stop Entertainment Resto lah!).

Menjumpai sang pemilik resto pun ternyata tak terlalu sulit. Setelah minta izin ketemu dengan pengelola, barulah kelanakuliner dipertemukan dengan Ibu Maemunah Yusuf, sang pemilik RM Mutiara Alam (Cemerlang).

Wanita yang bersuamikan Mohammad Yusuf, sebenarnya adalah pengusaha kontraktor. Kebiasaan menjamu kolega serta klien bisnisnya, ibu Mae berminat untuk buka usaha resto. Apalagi wanita kelahiran Jakarta, 27 Agustus 1965 ini sering mengunjungi beberapa resto-resto eksotik yang ada di wilayah Jakarta Bekasi dan lainnya.

"Kebetulan juga saya suka masak. Misalnya saja masakan Sop Konro (ala Makassar) adalah masakan favorit saya," papar wanita berkerudung yang telah memiliki dua putra dan putri ini. Sop Konro dan Konro Bakar olahan Maemunah memang diakuinya memiliki bumbu kombinasi ala Makassar dan Sunda. Biarpun begitu, karena keinginannya memberikan pelayanan yang optimal buat para pelanggannya, dirinya merasa perlu mempekerjakan seorng chef ahli. Chef ahli yang kini membantunya bernama mas Joko. Hampir semua menu baik ala barat maupun tradisional lahir dari tangan lelaki ini.

Menurut pengakuan ibu Maemunah dan mas Joko menu unggulan di Resto Seafood Mutiara Alam (di bawah pengolaan PT Mutiara Alam Cemerlang) ini adalah Ikan Bakar bumbu Tauco, meskipun ada bumbu lainnya seperti Bumbu Sambal Mutiara, Bumbu Sambal Rujak (untuk yang satu ini pedasnya super banget, Om & Tante) serta bumbu saus lainnya. "Tadinya malah kami memang mempersiapkan hingga ratusan menu, namun karena sedang mencari bentuk menu unggulan, kini kami fokuskan sekitar 60-an menu saja," aku ibu Maemunah.

Untuk menu unggulan yang perlu dicoba, ibu Maemunah menyebutkan satu sajian unik, yaitu Nasi Goreng Nanas. Sajian aneka nasi goreng dengan pilihan rasa seperti Nasi Goreng Pete, Nasi Goreng Ikan Asin, Nasi Goreng Kampung dan lainnya namun disajikan dalam kulit buah nanas. Hmmmm.... terbayang deh rasa gurihnya nasi goreng yang dikombinasi dengan asam manisnya buah nanas... (Wow so Barzillian banget kan, Bro and Sis?).

Untuk menu ikan bakarnya, kelanakuliner sempat mencicipi beberapa bumbu sekaligus. Kebetulan yang tersisa adalah Ikan Bawal Bakar dengan sajian bumbu sambal Tauco, Sambal Mutiara dan Sambal Rujak. Kalau diranking kelezatannya, bisa jadi ya Bumbu Tauco yang pertama (gurih dan lezatnya gak ada lawan kayaknya neh?), kemudian Bumbu Sambal Mutiara (yang nggak terlalu pedas namun merah merona menggugah selera, cuy) dan barulah Bumbu Sambal Rujak yang super pedas.

Demi menghapus pedasnya Ikan Bawal Bakar berbumbu sambal rujak, saya menyeruput Es Strawberry Bold yang manis dan segar. Sajian es sirup strawberry merah dengan air soda dihiasi buah strawberry bulat-bulat, sehingga asam dan manisnya begitu nendang tenggorokan... (Eits.... jangan salah! Nggak nyesek kok? Justru seger abis lah!). Untuk menu ikan bakarnya, kita bisa memilih beragam jenis ikan lainnya seperti ikan Kuweh, ikan Baronang, ikan Patin dan ikan laut lainnya hingga ikan air tawar seperti Gurame. Khusus untuk yang satu ini bisa disajikan dengan digoreng dan bumbu tiga rasa. Bumbu tiga rasa artinya, ada sambal bumbu Tauco, sambal Mutiara dan sambal Rujak.


Lebih seru lagi di resto yang mempunyai luas lahan 1500 meter persegi ini ada fasilitas alat-alat musik yang boleh dipakai pengunjung, juga ruang keluarga dengan Televisi set. Untuk ruang keluarga yang tak kurang dari 150 meter per segi ini.. Kita bisa menikmati suasana keluarga sambil menunggu pesanan makanan yang ada di menu, nikmati bersama ribuan pilihan lagu dengan televisi layar lebar 29 inci.

Untuk ruang musiknya, mampu menampung sedikitnya 50-an kursi dengan AC dan dikhususkan buat non-smoker. Ruang bagi para perokok disediakan sedikitnya ada 100-am kursi di sebelah luar, termasuk beberapa kursi dengan beberapa parasol. Hmmm asyik kan bisa menikmati kesegaran angin malam bila Anda berkunjung di petang hari. Jangan kuatir, resto ini buka setiap harinya dari jam 10.00 pagi hingga jam 21.00 malam. Sedangkan untuk hari Sabtu dan Minggu serta libur buka hingga pukul 11.00 malam.

Kesemua suasana yang ada di resto Mutiara Alam (Cemerlang) yang didesain sendiri oleh ibu Maemunah interior dan eksteriornya ini memberikan sensasi nyaman tak terperi. Belum lagi pilihan aneka menunya yang lumayan beragam. Meski hanya ada 60-an menu, dijamin Anda tak akan bosan dengan sajian dan fasilitas yang ada di resto Mutiara Alam (Cemerlang) yang berkapasitas lebih dari 500-an kursi ini.

Untuk pemesanan tempat buat acara wedding, resepsi pesta lainnya baik acara kantor maupun keluarga, RM Mutiara Alam juga menerima pemesanan dengan pilihan sajian alacarte ataupun prasmanan. Tak usah kuatir, di bagian belakang kita bisa menjumpai ruang Mushola dan lahan parkir yang sedikitnya mampu menampung 20-an mobil sedan besar (Pokoknya, nggak nyangka deh betapa luas dan besarnya resto ini kalo dilihat dari luar).



* mutiaraalamresto

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar