Kamis, 04 November 2010

Oyster Mushroom Burger - Rasa Jamur yang Menyerupai Daging


Jamur memang menjadi menu favorit bagi para vegetarian, dan salah satunya adalah jamur tiram. Jamur tiram terdiri dari beberapa jenis tergantung ukuran dan warna tudungnya. Jamur tiram putih (white oyster, Jamur tiram abu-abu, Jamur tiram cokelat (tedokihiratake atau abalon), Jamur tiram pink (pink oyster atau sakura shimeji) dan yang sering dikonsumsi adalah jamur tiram putih. Jamur jenis ini berbentuk bulat agak lonjong melengkung seperti cangkang tiram berwarna putih dan berdaging.

Rasanya lezat menyerupai daging, membuatnya dapat dengan mudah diterima di lidah siapapun yang mencicipinya. Selain itu kandungan gizinyapun tinggi serta berkhasiat bagi kesehatan. Jamur Tiram adalah jenis jamur yang memiliki kandungan nutrisi yang cukup baik meliputi protein, lemak, fosfor, zat besi, thiamin, riboflafin dan mengandung 18 macam asam amino yang dibutuhkan tubuh manusia, selain itu juga memiliki manfaat sebagai anti kolesterol, anti oksidan, anti bakteri, anti virus, mempercepat penyembuhan luka, perbaikan sel darah merah, perawatan kulit, dll.

Dibanding dengan daging, jamur memang mempunyai kelebihan. Jika daging erat dengan masalah lemak atau kandungan kolesterol, jamur sebaliknya, bebas kolesterol serta kaya serat vitamin dan mineral. Karenanya, jamur dipercaya mampu mengobati berbagai penyakit.

Memang kini Jamur bukan hanya untuk konsumsi rumah tangga saja. Diversifikasi produk olahannya memiliki prospek pasar yang cukup bagus karena mampu meningkatkan nilai jualnya serta dapat memperluas pemasaran untuk menjaring lebih banyak konsumen. Di restoran, kafe, atau rumah makan, menu serba jamur kini semakin banyak ditemui, seperti sate jamur, jamur goreng tepung, sup jamur, pepes jamur, keripik jamur, bakwan jamur tiram, mie ayam jamur tiram, bakso jamur tiram, steak jamur, burger jamur dan lain-lain.

Burger adalah salah satu jenis makanan siap saji yang cukup digemari. Apakah Anda salah satu penggemarnya?? Burger apa yang biasanya Anda nikmati?? beef burger, fish burger mungkin itu sudah sering Anda coba, tapi kalau burger sehat “Oyster Mushroom Burger”, pernahkan Anda coba? Bagaimana rasanya? Penasaran….Anda boleh mencoba membuatnya sendiri dan siapa tahu ini bisa menjadi peluang usaha Anda atau salah satu sajian dalam menu resto atau cafe Anda.

Burger Jamur Tiram / Oyster Mushroom Burger.

Bahan:

* Jamur tiram putih.
* Daging cincang.
* Putih telur.
* Margarin.
* Irisan keju.
* Roti khusus burger
* daun selada.
* tomat, dan timun; diiris tipis-tipis.
* saos botolan

Bumbu:

* Bawang putih
* Bawang bombai
* Daun seledri
* Kecap manis
* Biji pala bubuk
* Minyak wijen
* Garam
* Merica bubuk

Cara membuat:

* Sangrai jamur tiram dan daging sampai airnya habis.
* Cincang bawang bombai dan bawang putih.
* Iris – iris daun seledri.
* Buat adonan burger jamur dengan mencampur jamur, daging dan semua bumbu hingga merata.
* Bentuk adonan menjadi bulat pipih, kira-kira setebal 3 mm dan diameter 3 cm.
* Celupkan ke dalam putih telur yang telah dikocok lepas.
* Goreng dengan margarine sampai kuning kecoklatan.
* Selipkan burger jamur ke dalam roti. Tambahkan daun selada, tomat, mayonnaise, dan irisan keju.


* bisnisukm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar