Selasa, 28 September 2010

Udang arak & Sop gangan (rempah kuning) ala Resto Pandan Laut

Setelah seharian berwisata mengelilingi pulau-pulau yang sangat eksotis, tentu saja perut kami sangat lapar. Dari pagi kami sudah mengelilingi Pulau Batu Berlayar, Pulau Pasir, Pulau Lengkuas dan sorenya kami sempat mancing di tengah-tengah laut lho. Sekitar jam 6 sore barulah kami sampai di tepi pantai Tanjung Tinggi. Dan sempat istirahat sebentar di warung untuk sekedar minum teh dan ganti pakaian. Selanjutnya kami langsung menuju Restoran Pandan Laut di Tanjung Pandan untuk makan malam....hehe.

Perjalanan dari pantai Tanjung Tinggi ke Restoran Pandan Laut sekitar 20 menit, dan karena kami ikut tour maka segala sesuatunya sudah di persiapkan, termasuk pemilihan menu makanan. Kali ini kami sudah di hidangkan menu Ikan bakar, Udang arak, Sop gangan (rempah kuning), dan Kangkung polos.

Saya cobain ikan bakarnya, lalu udang arak...dan kali ini saya menemukan masakan khas Belitung, yaitu Sop Gangan (sop rempah kuning). Jadi isinya kepala ikan ketarap, nanas, jeruk, kunyit dan beraneka rempah-rempah...sehingga rasanya agak asam dan terasa segar.

Semuanya makan dengan lahapnya, hehe ga heran syi, karena seharian kami pergi dan pastinya kecapean. Ditambah pula makanannya yang enak-enak....wahh tambah lahap deh kami makan malam. (yd)