Senin, 22 November 2010

Sop Buntut Kalifornia ala Warung Satun


Menu sop buntut memang sudah ada dimana-mana. Banyak rumah makan menawarkan masakan berbahan baku buntut sapi ini. Tapi, sop buntut jaman dulu (jadul) Warung Satun barangkali patut untuk dicoba.

Sop buntut yang satu ini sekilas memang tak ada bedanya dengan sop buntut pada umumnya. Namun, rasa yang ditawarkan dijamin akan membuat ketagihan. “Kuahnya bening jadi tidak neg, itu yang bikin saya suka,” ujar Siti Aminah, salah seorang pengunjung yang terlihat bersantap sop buntut di Warung Satun bersama sang suami.

Warung Satun berada di Jalan Karet Dalam, kawasan Kembang Jepun. Warung yang telah ada sejak tahun 1965 ini, oleh masyarakat setempat dijuluki ‘Sop Buntut Kalifornia’. “Nama Warung Satun malah tidak begitu populer, pengunjung yang datang tahunya ini warung sop buntut Kalifornia, mungkin karena letaknya di pinggir Kalimas jadi dapat julukan seperti itu,” kata Hanifah (35), generasi kedua dari Warung Satun.

Sejak awal beroperasi warung ini sejatinya menawarkan berbagai menu makanan seperti nasi pecel, nasi rawon, dan nasi campur. Baru di akhir tahun 1970-an tersedia menu sop buntut. Meski menjadi menu yang paling baru namun justru sop buntutlah yang paling populer. “Awalnya ibu memang sedia nasi pecel, tapi sekarang yang paling diminati malah sop buntut,” ujar putri pasangan Satun dan Mojo ini, seraya tergelak.

Untuk menemani pengunjung menyantap makanan, warung ini menyediakan pula berbagai jenis minuman yang terkesan "jadul" seperti es jeruk dan es teh. Dari sekian banyak menu makanan yang ditawarkan, sop buntut memang sangat dikenal masyarakat luas.

Menurut Hanifah, proses memasak sop buntut sapi yang ditawarkan, sama dengan sop buntut yang ditawarkan rumah makan pada umumnya. "Buntut sapi dipotong-potong menurut ruasnya lalu direbus di dalam panci, setelah lunak buntut sapi yang berkaldu dicampur dengan bahan-bahan lain dan kemudian ditaburi bawang goreng," kata perempuan berjilbab ini.

Selain kuah yang menurut pengunjung tidaklah eneg, kehadiran rempeyek udang memberi warna tersendiri bagi sup buntut Kalifornia. Satu porsi sop buntut plus rempeyek udang berukuran jumbo dapat dinikmati dengan harga Rp 12.500.


* metrogaya
Lihat juga : table8, sushi tei, tamani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar